Info Pengelola

Info Kuliner dikelola oleh PendidikanRiau.com Team Hendri Mamak [ Chef Koki Hotel Berbintang di Pekanbaru, Riau]

Jadi resep makanan dan minuman yang ada disini, tentunya sudah banyak dinikmati oleh tamu-tamu hotel.

11 Bahan pokok bebas PPN

Mengantisipasi kenaikan harga barang, maka pemerintah dan DPR sepakat membebaskan Pajak Pertambahan Nilai(PPN) terhadap barang kebutuhan pokok yang diatur dalam amandemen Undang-Undang PPN dan PPnBM

Kesepakatan tersebut, dicapai dalam rapat pembahasan RUU PPN dan PPnBM Kamis (20/8/2009) malam. Sebelumnya, pemerintah bersikeras agar pembebasan PPN atas barang kebutuhan pokok cukup diatur melalui peraturan pemerintah (PP).

Ketua Panitia Khusus RUU PPN dan PPnBM Melchias Markus Mekeng mengatakan, pembebasan dimaksudkan untuk menjamin ketersediaan makanan bergizi bagi masyarakat kecil. "Jadi masyarakat dapat mendapatkan gizi dan nurtrisi yang baik dengan harga murah tanpa harus dibebani dengan PPN," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Melchias menjelaskan yang dimaksud dengan kebutuhan pokok adalah beras dan gabah, jagung, sagu, kedelai, garam baik yang beryodium maupun yang tidak beryodium. "Ada penambahan untuk daging, telur, susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan juga masuk dalam kategori kebutuhan pokok," tambahnya. Pembebasan PPN, lanjutnya, hanya berlaku bagi barang kebutuhan pokok yang belum mengalami proses pengolahan. "Misalnya daging, kalau dia sudah diolah jadi da ging kaleng, tidak lagi bebas PPN," jelasnya.

Sementara itu, selama bulan puasa dan Lebaran tahun ini, permintaan bahan-bahan pokok, seperti beras, daging, ayam, dan telur diperkirakan meningkat 20 persen dibanding kondisi normal. Meski suplai diklaim mencukupi, namun harga-harga diprediksi naik hingga 10 persen.

"Permintaan memang meningkat. Tapi semua stok nasional aman dan tidak ada masalah dari segi penyediaan," ujar Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu kemarin. Dia mengakui bahwa tingginya permintaan itu akan mengatrol harga bahan kebutuhan pokok. Namun, kenaikan tersebut tidak akan berlangsung lama, bahkan cenderung stabil karena sifatnya hanya musiman.
 
Copyrighted 2009-2013 PendidikanRiau.com | Catering Pekanbaru