Info Pengelola

Info Kuliner dikelola oleh PendidikanRiau.com Team Hendri Mamak [ Chef Koki Hotel Berbintang di Pekanbaru, Riau]

Jadi resep makanan dan minuman yang ada disini, tentunya sudah banyak dinikmati oleh tamu-tamu hotel.

Food Art


Seni Menghias Makanan

Seni penyajian makanan atau minuman kini sangat diperhatikan, terutama oleh penyelenggara pesta dan pengelola restoran. Mereka sengaja memperindah menampilan makanan di meja atau piring makan. Dengan demikian, kita yang melihatnya pasti akan tertarik dan tergoda untuk mencicipinya. Namun, bisa juga kita merasa sayang untuk memakannya karena akan merusak keindahan makanan tersebut.
Garnis bisa terbuat dari makanan atau benda tertentu yang tidak membahayakan. Misalnya, payung kecil dari kertas atau bunga untuk menghias minuman. Namun, kebanyakan garnis dibuat dari makanan pula (contohnya cokelat, buah, atau sayuran). Jadi, garnis tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja. Garnis dapat pula kita makan.

Dengan garnis, makanan menjadi lebih spesial. Maka, bisa jadi, harganya pun ikut mahal. Sebab, yang ditampilkan tidak sekadar makanan tapi juga sebuah karya seni.

Tahap mata. Di tahap ini, makanan tidak akan memuaskan kita tanpa seni yang enak untuk dipandang mata. Untuk garnis diperlukan Kalau sudah melewat tahap ini, kita akan sampai ke tahap tertinggi yaitu tahap pikiran dan rasa.
Sayuran dan buah bias menjadi macam bentuk dan hiasan dengan hiasan dan tatanan yang menarik. Kreasi ini tidak saja menunjang penampilan suatu hidangan tetapi juga dapat menggugah selera makan seseorang karena indera matalah yang pertama kali berperan dalam keinginan menyantap suatu hidangan, kemudian disusul dengan rasa lezatnya olahan makanan yang tersedia.Ketrampilan mengukir dan menghias hidangan dapat dipelajari oleh siapa saja. Ketekunan dan kesabaran sangat dibutuhkan pada waktu proses mengukirnya serta adanya keinginan untuk terus menerus mencoba dalam mencapai berbagai kreasi seperti yang diinginkan. Pisau yang runcing dan tajam adalah peralatan dasar yang utama bagi seorang pengukir atau yang berminat mengukir. 
 
Copyrighted 2009-2013 PendidikanRiau.com | Catering Pekanbaru